logo blog

Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Atau Keformat di Kartu Memori Android

Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Atau Keformat di Kartu Memori Android



Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus - Sudah pasti kalian mempunyai yang namanya SD card kan, tapi tidak jarang kan sd card kalian ke format sendiri ataupun tidak disengaja ataupun error dan harus di format yang kemudian datanya hilang entah kemana, jelas kita kebingungan bagaimana cara mengembalikan file yang sudah ke format tersebut dan juga pastinya banyak file yang sangat penting juga di dalamnya, nah disini saya akan membagikan Cara Mudah Recovery Data Di Semua Ponsel Android Anda

Untuk mengembalikan data yang hilang dari sebuah perangkat Android setelah terformat, maka cara yang mudah adalah dengan menggunakan program untuk mengembalikan data. Tools ini biasanya ada di komputer desktop dan banyak digunakan. Program seperti Get Data Back, Data Recovery, Pandora Recovery, Test Disk, Foremost, R-Studio, Recuva, dan masih banyak lagi aplikasi lain yang serupa. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa dijamin dan diandalkan untuk merecover atau mengembalikan data kita yang terdapat di android yang telah terformat tidak  sempat mem backup data kita. Memang tidak semua file akan kembali semua seperti semla, tapi banyak data kita yang benar-benar kembali dengan utuh tanpa cacat. saya sudah pernah mencobanya di ponsel android teman saya dan alhamdullilah datanya dari sd card banyak yang kembali yaitu foto-foto, video lain-lain.

Untuk mengembalikan data yang terformat pada memori internal atau sd card sebenarnya masih bisa menggunakan program-program tersebut. Sayangnya, program tersebut kurang maksimal untuk pemulihan data di Android. Untuk memulihkan data atau Restore data di Android, sebaiknya gunakan program yang bernama Android Data Recovery. Program yang satu ini memiliki kelebihan dalam mengembalikan data yang terformat di Android. Tetapi penggunaan program ini pun sama seperti program lainnya, yakni harus diinstal di komputer desktop. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua jenis smartphone android seperti Samsung Galaxy S, Ace, Young, dll , Xperia X Z dll,Xiaomi Redmi 1 2, Lenovo, MITO dll.


Hal yang Perlu Diperhatikan Terlebih Dahulu.


Untuk melakukan Restore data di Android menggunakan Android Data Recovery, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan hal-hal berikut ini. Hal-hal berikut ini cukup penting untuk diperhatikan oleh Anda dalam langka proses Restore data dengan menggunakan Android Data Recovery. Apa saja hal-hal yang dimaksud? Berikut sedikit penjelasan.


  • Proses pencarian data sebaiknya dilakukan setelah data terhapus atau terformat di jam itu juga.
  • Untuk memaksimalkan pemulihan atau Restore, sebaiknya jangan menyimpan data baru. Proses penyimpanan data baru bisa saja menimpa dan akan mengakibatkan recover gagal atau yang kembali malah file yang baru tersebut.
  • Jangan ada data dengan nama yang sama dengan nama data yang dihapus biar proses pencarian lebih sempurna.
  • Proses Restoring data menggunakan Android Data Recovery pada umumnya bisa mengembalikan data secara normal. Bahkan banyak data yang kembali dengan utuh dari kerusakan sebelum terhapus tetapi kemungkinan potensi data tidak bisa diselamatkan pun masih terbuka karna ini masih program free.


Langkah - Langkah Restore Data Di Ponsel Android dengan Android Data Recovery


Setelah memperhatikan beberapa hal diatas maka sekarang Anda bisa langsung memulai dengan mendownload aplikasi tools Android Data Recovery. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di situs androiddata-recovery.com . Namun jika anda memiliki dana lebih, alangkah baiknya jika anda mencoba untuk menggunakan program Android Data Recovery dengan versi berbayar karna yang berbayar akan lebih maksimal. Nah setelah anda mendownloadnya, perhatikan langkah selanjutnya,


1.Langsung saja anda instal  program Android Data Recovery tersebut di komputer anda.

2. Hubungkan perangkat Android yang Anda miliki dengan komputer yang sudah terinstal Android Data Recovery. Cara menghubungkannya, Anda cukup menggunakan kabel USB dan pastikan benar benar terhubung.

3. Setelah terhubung, bukalah program Android Data Recovery dan lakukan pemindaian atau Scaning pada perangkat Android anda.

4. Setelah proses pemindaian selesai, selanjutnya lakukan Recovery pada tampilan bentuk data yang sudah terpindai. Anda bisa melakukan Recovery data dengan cara mengklik data tersebut.

5.Setelah proses klik Recovery, maka data yang sempat hilang sudah kembali lagi namun tidak semuanya. Data tersebut kemungkinan besar cenderung tidak kehilangan kualitasnya.

6.Setelah dilakukan Recovery, maka data yang sudah Restore, sebaiknya disimpan pada folder tertentu di perangkat Android milik Anda menghindari hal hal yang tidak di inginkan.

Itulah sedikit tips atau trick mengenai Cara Mengembalikan File/Data yang Terhapus Atau Keformat di Kartu Memori Android, yang bisa kami sampaikan, semuga bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan Artikel ini:

your comments
Copyright © 2016. KAFI NKCL - All Rights Reserved