logo blog

Para Ilmuwan Temukan Adanya Sinyal Gelombang Radio dari Planet Kerdil

Para Ilmuwan Temukan Adanya Sinyal Gelombang Radio dari Planet Kerdil

Para Ilmuwan Temukan Adanya  Sinyal Gelombang Radio dari Planet Kerdil


Gelombang Radio dari Planet Kerdil - Para ilmuan  untuk pertama kalinya menelusuri keberadaan gelombang sinyal radio yang diketahui sebagai FRB (fast radio burst). Sinyal radio tersebut sebelumnya sempat ditemukan pada tahun 2007.

Meski hanya berlangsung dalam sepersekian detik saja, namun gelombang radio tersebut dikatakan mampu melepaskan energi lebih dari radiasi panas matahari dalam 10.000 tahun, seperti dikutip Live Science,


Saat ini, para ilmuwan telah mendeteksi adanya gelombang sinyal radio sebanyak 18 belas FRB. Akan tetapi, mereka memperkirakan bahwa satu dari semburan gelombang tersebut  berasal dari suatu tempat di sekitar langit setiap 10 detiknya.

Dari studi terbaru, bahwa diketahui adanya gelombang FRB dengan kode 121.102 berasal dari galaksi kerdil yang tak terduga. Jarak planet kerdil tersebut memiliki radius 3 miliar tahun cahaya bumi.

"Fakta bahwa FRB 121.102 merupakan berasal dari galaksi yang kerdil agak tak terduga," kata Cees Bassa seorang astronom asal Belanda di Institute for Radio Astronomy.

Pada tahun  2012 ilmuwan juga menemukan gelombang yang serupa menggunakan Arecibo Observatory di Puerto Rico dan kembali terlihat pada tahun 2014. Sementara itu  pada tahun 2016, ditemukan lagi kedipan cahaya sebanyak 9 kali dan ditemukan melalui teleskop Very Large Array (VLA) di Meksiko.

Temuan tersebut bisa  dikatakan dapat membantu ilmuwan saat ini dalam menemukan sumber gelombang radio yang berasal dari planet kerdil tersebut.

Bagikan Artikel ini:

your comments
Copyright © 2016. KAFI NKCL - All Rights Reserved