logo blog

Astronom Telah Menemukan Planet Seukuran Neptunus Yang Mengintai di Luar Pluto

Astronom Telah Menemukan Planet Seukuran Neptunus Yang Mengintai di Luar Pluto

Astronom Telah Menemukan Planet Seukuran Neptunus Yang Mengintai di Luar Pluto

Para ilmuan berdebat akan jumlah planet di Tata Surya kita, akhirnya menemui titik terang. Setelah penetapan Pluto sebagai planet yang menjadi pro dan kontra, diputuskan Pluto merupakan "dwarf planet" atau juga bisa disebut planet kecil. Ukurannya yang sangat kecil sebagai kategori planet membuat Pluto, tidak bisa sepenuhnya disebut sebagai planet.

Adanya penelitian terbaru yang diterbitkan The Astronomical Journal oleh astronomer "Mike Brown" dan rekannya setimnya, "Konstantin Batygin",bisa jadi akan menimbulkan kegemparan. Pasalnya, Brown memaparkan kemungkinan adanya planet kesembilan di Tata Surya kita. Dengan ukuran hampir mendekati Neptunus, planet tersebut belum diberi nama ini untuk sementara dijuluki "Planet Sembilan."

Adapun planet tersebut belum diamati, namun para astronom telah mengumpulkan model matematika yang menyimpulkan akan keberadaannya. "Kami menemukan gravitasi yang begitu kuat sebagai bukti keberadaannya," kata Konstantin. Menariknya, mereka mengatakan bahwa beberapa teleskop yang paling kuat di yang berada di Bumi saat ini mungkin mampu untuk melacaknya, meskipun letaknya juga masih tersembunyi.

Seperti dilansir dari iflscience, adanya bukti untuk Planet Sembilan berasal dari pengamatan terhadap benda-benda langit di Sabuk Kuiper, sebuah wilayah komet yang luas di luar orbit Pluto. Menurut jurnal tersebut, ada bukti keberadaan sebuah planet yang besarnya sepuluh kali massa Bumi pada orbit yang sangat elips mengelilingi Matahari.

Planet ini juga diperkirakan menyelesaikan orbitnya setiap 10.000 hingga 20.000 tahun dan tidak pernah lebih dekat dari 200 kali jarak Bumi-Matahari. Meski terlalu dini untuk mengakuinya, tapi dipastikan Planet Sembilan memang benar akan adanya.

"saya sekarang  percaya bahwa tata surya memiliki sembilan planet," kata Brown di Twitternya.

Dalam tulisan mereka, Brown dan Nature mengatakan penemuan mereka berasal dari ketidaksengajaan saat mengamati Sabuk Kuiper. Penemuan planet kesembilan di Tata Surya sudah dipastikan akan menjadi sesuatu yang sangat besar.

Sebelumnya, para astronom telah meramalkan akan adanya ratusan planet kerdil di luar orbit Pluto di Sabuk Kuiper, akantetapi sejauh ini tidak ada teori solid yang menyatakan akan sebuah planet besar seperti Planet Sembilan.

"Untuk pertama kalinya, dalam lebih dari 150 tahun, ada bukti kuat bahwa sensus planet Tata Surya tidak lengkap," kata Brown dalam sebuah pernyataan.

Berlomba-lomba Menamai Planet Sembilan tersebut.

Dengan adanya penemuan Planet ke Sembilan langsung menarik perhatian publik. Sebab, bila memang keberadaannya nyata, Planet Sembilan tentunya mesti memiliki nama. Seperti planet-planet lainnya yang berada di Tata Surya yang diberi nama dari mitologi, netizen pun berlomba menyarakan nama untuk Planet ke Sembilan tersebut.



(Sumber: citizen6.liputan6.com)

Bagikan Artikel ini:

your comments
Copyright © 2016. KAFI NKCL - All Rights Reserved